8 Destinasi Sarat Sejarah yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Yerusalem

Komplek Masjidil Al Aqsha Yerusalem Komplek Masjidil Al Aqsha Yerusalem

Pada 2016 lalu, kota Yerusalem banyak dibicarakan seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan pernyataan kontroversial mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Alhasil, banyak tanggapan pro dan kontra dari masyarakat seluruh dunia khususnya umat Muslim.

Tetapi, mari kesampingkan unsur-unsur politis seperti demikian. Yerusalem merupakan sebuah kota tertua yang menjadi salah satu objek wisata spiritual terkenal di dunia. Tempat ini dikelilingi sejumlah situs suci milik Kristen, Muslim, dan Yahudi, membuat para wisatawan dari berbagai belahan mancanegara tertarik untuk mengunjungi kota ini.

Inilah 8 destinasi atau tempat wisata bersejarah di Yerusalem yang paling populer menurut berbagai sumber.

1. Tembok Ratapan atau The Wailing Wall

Jika kamu mengunjungi Yerusalem, salah satu yang menjadi destinasi terpopuler di sini adalah tembok ratapan. Tembok super raksasa ini, oleh orang-orang Yahudi untuk berdoa, bahkan sampai banyak yang menangis juga lantaran mengingat dosa. Di sela-sela dinding akan kamu jumpai banyak kertas permohonan yang telah diselipkan orang-orang yang berdoa di sana.

2. Kota Tua Yerusalem

Rasanya rugi kalau kamu berkunjung ke Yerusalem tanpa mengelilingi kota tuanya. Selama berkeliling, kamu dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah, museum, dan tentunya berbagai pemandangan yang menarik.

Selain memiliki nilai sejarah yang sangat kaya, kota suci ini terbagi atas 3 bagian wilayah bagi orang Yahudi, Kristen, dan Islam yang masing-masing dikelilingi oleh tembok batu yang membatasinya.

3. Bukit Zaitun

Pegunungan satu ini dinamakan Bukit Zaitun oleh karena adanya kebun zaitun di lerengnya. Pegunungan yang terletak di bagian timur Kota Yerusalem ini memiliki 3 puncak yang terbentang dari utara hingga ke bagian selatan. Di antaranya yang paling dikenal, puncak yang tertinggi bernama At-Tur, yang memiliki tinggi sekitar 818 meter.

4. Museum Menara Daud atau Tower of David Museum

Kamu penggemar sejarah? Tepat sekali kalau kamu mengunjungi museum yang satu ini. Menara Daud atau yang biasa dikenal dengan Tower of David. Museum ini akan memberikan banyak informasi mengenai sejarah Kota Yerusalem.

Selain itu, akan ada pertunjukan cahaya yang tentu sangat indah untuk disaksikan setiap malamnya. Kamu tidak akan menyesal pergi ke sini.

5.Terowongan Barat atau The Western Wall Tunnels

Begitu memasuki kawasan ini, kamu akan terpukau dengan kuatnya fondasi terowongan satu ini. Di ujung terowongan, kamu akan menyaksikan bagaimana proses pembangunan terowongan ini dengan menggunakan sentuhan animasi yang sangat menarik.

Kamu akan mengetahui bagaimana cara mereka membuat batu fondasi, serta cara menaikkan batu-batu itu, sehingga menjadi tembok barat yang kokoh.

6. Via Dolorosa

Bagi umat Kristiani pasti tahu tentang cerita Via Dolorosa, atau yang biasa disebut “jalan penderitaan”. Jalan inilah yang menjadi saksi biksu di mana Yesus menjalani hukuman dari Pontius Pilatus untuk disalibkan di Golgota.

Jalan ini menghubungkan ke banyak situs-situs terkenal seperti Praetorium, Gereja Makam Kudus, serta situs terkenal lainnya. Untuk menyusuri jalan ini, kamu harus mengenakan sepatu yang nyaman, karena perjalanannya cukup jauh.

7. Temple Mount

Tempat ini merupakan salah satu tempat paling suci di Yerusalem bagi umat Muslim dan Yahudi. Orang Yahudi meyakini bahwa bagian dari kota tua ini adalah tempat peristirahatan kehadiran Ilahi di bumi sekaligus sumber debu yang digunakan untuk menciptakan Adam.

Sedangkan, bagi Muslim, mereka percaya bahwa tempat ini pernah disinggahi Nabi Muhammad ketika pada suatu malam Nabi Muhammad hendak naik ke surga. Maka, Temple Mount juga merupakan salah satu tempat yang sangat wajib kamu kunjungi di Yerusalem.

8. Hezekiah’s Tunnels

Hezekiah’s Tunnels merupakan terowongan yang membentuk saluran air yang dalam penggaliannya dilakukan tepat di bagian bawah Kota Daud pada masa lalu. Terowongan Hizkia ini sangat populer dikarenakan memiliki hubungan dengan tarikh pemerintahan Hizkia yaitu Raja Yehuda yang hidup pada akhir abad-8 sampai awal abad-7 SM.

Manfaat terowongan ini digunakan sebagai pelindung air dan dialirkan menuju ke dalam kota. Hal itu dikarenakan ketika kota Yerusalem membela diri dari tentara Asyur, sumber air menjadi sangat terbatas. Sedangkan air adalah sumber dari kehidupan, jika persediaan terbatas bala tentara bisa kehausan dan mengalami kekalahan.

Sistem terowongan yang dibuat untuk melindungi air sangat berdampak. Di atas Hezkeiah’s Tunnels juga terdapat sistem pengaliran air yang dibawa dari pengairan Gihon. Air tersebut akan dibawa ke sebelah barat kota Daud. Hasilnya, usaha tersebut tidak sia-sia karena aliran air yang melewati terowongan Hezekia tersebut memang berhasil dialihkan ke sebalah barat Kota Daud.

Itulah 8 tempat di Yerusalem yang perlu kamu kunjungi karena nilai-nilai sejarahnya.