Teknik Lari Jarak Pendek Yang Wajib Dicoba Oleh Atlet

gambar tersebut menjelaskan beberapa teknik lari jarak pendek untuk para atlet gambar tersebut menjelaskan beberapa teknik lari jarak pendek untuk para atlet

Teknik Lari Jarak Pendek Yang Wajib Dicoba Oleh Atlet

Sebagai atlet, kamu harus paham betul bagaimana teknik lari jarak pendek agar dapat memenangkan satu sesi event kejuaraan. Sebab, masih banyak atlet lari jarak pendek mengaku kesulitan untuk memenangkan pertandingan karena menjalani start buruk.

Akibatnya, kamu harus mengakui keunggulan lawan karena tidak mendapat start baik ketika mengikuti kejuaraan lari jarak pendek. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mendapat start baik agar dapat mengeluarkan kemampuan terbaik.

Meskipun olahraga ini hanya mengandalkan ketahanan fisik, namun ada berbagai teknik yang dapat membantu kamu untuk berpeluang memenangkan pertandingan. Sehingga, atlet lari jarak pendek tidak hanya berlatih ketahanan fisik saja dalam berlari jarak pendek

Akan tetapi juga harus mengasah teknik berlari untuk jarak pendek. Dengan menguasai teknik dan ketahanan fisik, maka kamu dapat menjadi atlet yang dapat diandalkan untuk berbagai kejuaraan lari pendek untuk event nasional hingga internasional.

Teknik Lari Jarak Pendek yang Harus Dikuasai oleh Para Atlet

Memang, masih banyak atlet yang belum paham betul tentang teknik dasar tentang lari jarak pendek. Sehingga, atlet tersebut akan kesulitan untuk mengejar lawan karena mendapat start buruk sejak awal kejuaraan.

Alhasil, peluang untuk memenangkan kejuaraan semakin menipis. Oleh karena itu, pelajari tentang teknik dasar dari lari jarak pendek yang wajib untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Ketahui Posisi Saat Start Lari Jarak Pendek

Langkah pertama, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menempatkan posisi saat start lari jarak pendek. Posisikan kepala menghadap lurus ke depan. Sejajarkan kepala dengan bahu. Letakkan tangan di posisi setengah jongkok.

Jika Anda salah dalam posisi start, maka peserta bisa saja didiskualifikasi dalam pertandingan. Maka dari itu, ketahui dahulu posisi start lari jarak pendek terlebih dahulu.

  1. Pelajari Teknik Berlari untuk Sprint Jarak Pendek

Langkah kedua, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara berlari untuk sprint jarak pendek. Pastikan siku kamu berada di posisi 90 derajat. Usahakan lengan dan bahu berada di posisi sejajar agar badan tetap seimbang.

Jangan terlalu memaksa untuk melangkah melebihi jangkauan kaki. Akan tetapi, kamu harus berlari dengan kekuatan penuh agar cepat sampai di garis finis. Agar tidak cedera, pastikan menggunakan ujung jari kaki sebagai tumpuannya.

  1. Mengatur Posisi Badan Ketika Berlari

Teknik lari jarak pendek selanjutnya adalah mengatur posisi badan ketika berlari. Usahakan badan condong ke depan guna mempercepat posisi lari. Teknik ini banyak digunakan oleh para atlet ketika perlombaan lari jarak pendek dan jarak jauh.

Jadi, Anda perlu mencoba teknik tersebut agar dapat memenangkan satu sesi perlombaan lari jarak pendek hingga mengalahkan semua lawan.

Hal-Hal yang Wajib Dipelajari Para Atlet Lari Jarak Pendek

Selain mempelajari tentang teknik untuk sprint jarak pendek, para atlet juga harus mengetahui ada beberapa hal yang menjadi catatan. Sehingga, kamu dapat mengeluarkan kemampuan terbaik dalam kejuaraan lari jarak pendek.

Pertama, kamu harus meningkatkan fisik dan stamina agar dapat meningkatkan power ketika berlari. Sehingga, kamu dapat sampai ke garis finis dengan catatan waktu tercepat. Jika ketahanan fisik tiba-tiba melemah di tengah pertandingan, maka kesempatan untuk menang akan semakin menipis.

Kedua, kamu juga harus menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh ketika beradu sprint dengan lawan. Cara menjaga keseimbangan ketika berlari ini juga butuh teknik khusus. Kamu harus menempatkan posisi tangan sejajar dengan paha. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan start terbaik dibandingkan dengan lawan

Lalu, busungkan dada agar mendapat power dalam berlari. Sehingga, kamu tetap seimbang meskipun berlari dengan kecepatan tinggi. Ketiga, terapkan beberapa teknik lari jarak pendek agar dapat memperbesar peluang untuk mengalah para lawan agar segera sampai ke garis finis.

Lari jarak pendek menjadi salah satu olahraga atletik yang tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik saja. Melainkan juga harus mempelajari teknik permainan. Oleh sebab itu, para atlet wajib tahu apa saja teknik lari jarak pendek agar peluang memenangkan kejuaraan semakin besar.